Tips Public Speaking

[public speaking,berbicara di depan umum,pidato,ceramah,tips,trik,sambutan]

tips tips public speaking

menurut survei di Amerika, salah satu hal yang paling banyak ditakuti orang adalah berbicara di depan banyak orang, dalam suatu acara yang anda ikuti, tiba-tiba anda diminta untuk memberikan sebuah kata sambutan di depan para tamu. padahal anda tidak terbiasa melakukannya, anda maju kedepan dengan keringat dingin yang tak henti-hentinya mengalir deras, isi kepala terasa kosong, dengkul gk bisa di ajak kompromi, getaran hebat di sekitar daerah kaki dan sebagian badan,jantung tidak berdetak sebagaimana mestinya, lidah terasa kelu,kerja otak kanan dan kiri tidak singkron alhasil kata kata aneh keluar dari mulut anda, mungkin bagi sebagian orang kejadian diatas pernah dialami (pengalaman pribadi aku gk gitu-gitu amat). nah dibawah ini aku punya beberapa tips untuk menjadi pembicara yang baik:

  • Berdoa
    bisa pake “bismillah” ato doa nabi Musa watu mau nglawan fir’aun (Qs.Thaaha:25-28),
  • Ketahui kebutuhan audience
    pastikan mereka mendapatkan apa yang ingin mereka tau dan apa yang belum mereka tau
  • artikulasi, intonasi dan volume suara
    perhatikan kejelasan vokal suara anda, atur intonasi suara jangan berbicara terlalu datar, atur tinggi rendah suara, jangan berbicara seperti bergumam(ngerenyem), jangan berbicara terlalu pelan atau keras sesuaikan dengan banyaknya audience dan tempat.
  • bahasa tubuh
    perhatikan bahasa tubuh,gerakan tangan,gerakan kepala jangan terlalu berlebihan dan terlihat dibuat-buat,
  • bila anda menggunakan naskah, lebih baik buat point atau garis besar urutan permasalahnnya, jangan terkesan seperti membaca.
  • kontak mata
    atur kontak mata anda dengan audience, gunakan metode 3 detik, tatap mata seseorang 3 detik.tatap langsung sekumpulan orang di audience secara seimbang, jangan terpaku pada satu sisi audience. jangan cw caem aja yang diplototin.
  • bersikap interaktif,komunikatif,dengarkan pertanyaan audience,respon reaksi mereka
  • tahu kapan anda harus berhenti berbicara, bawa jam, stopwatch, atau apapun untuk mengukur waktu yang diberikan kepada anda untuk berbicara.
  • pastikan anda terlihat percaya diri dan terlihat tenang, walaupun anda merasa tegang, terkena tremor (getaran hebat di sekitar atau di seluruh bagian tubuh seperti tangan, kaki, dengkul dan lainnya)
  • tambahkan banyolan atau humor ketika anda berbicara, tapi sesuaikan dengan keperluan jangan terlalu berlebihan serta pastikan humor anda berkualitas tinggi (henteu jayuz).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s