Use Case

Use Case merupakan sebuah teknik yang digunakan dalam pengembangan sebuah software atau sistem informasi untuk menangkap kebutuhan fungsional dari sistem yang bersangkutan, Use Case menjelaskan interaksi yang terjadi antara ‘aktor’ – inisiator dari interaksi dengan sistem itu sendiri, sebuah Use Case direpresentasikan dengan urutan langkah yang sederhana. Aktor adalah sesuatu atau seseorang yang ada di luar sistem yang sedang dikembangkan, dan ikut berperan serta dalam aktifitas sistem. Aktor bisa berupa: End User, sistem yang lain, atau perangkat hardware. Setiap use case merupakan sebuah seri yang lengkap dari sebuah event kejadian, dilihat dari sudut pandang aktor.
fokus dari sebuah use case adalah menjelaskan bagaimana mencapai sebuah tujuan atau goal. dalam pengembangan software, dibutuhkan banyak use case untuk mendefinisikan scope dari sebuah system. derajat formalitas dari sebuah sistem yang dikembangkan menentukan level detail yang dibutuhkan dari sebuah use case.
Use Case sebaiknya jangan dicampuradukan dengan fitur dari sistem, sebuah use case mungkin berhubungan dengan satu atau lebih fitur sistem, sebuah fitur mungkin terrelasi dengan satu atau lebih use case.

USE CASE DIAGRAM
Agar kita mengerti mengenai Use Case diagram, maka pertama-tama kita harus mengerti dulu elemen-elemen yang ada di dalamnya.

1. Actor:
elemen aktor diumpamakan adalah sebuah peran dari ‘user’ sebuah sistem. aktor ini bisa berupa ‘human user’ atau bahkan bisa sebuah sistem yang lain. dalam diagram use case, elemen aktor dinotasikan dengan notasi

karakteristik dari sebuah aktor antara lain:
+ Aktor merupakan elemen eksternal dari sistem
+ Aktor berinteraksi dengan sistem, aktor boleh menggunakan fungsionalitas dan menerima informasi yang disediakan oleh sistem, aktor dapat memberikan informasi kepada sistem.
+ Aktor dapat berbentuk class, maka aktor bisa memiliki instance atau objek yang merepresentasikan aktor yang lebih spesifik.

2. Use Case:
Class Use Case digunakan untuk merepresentasikan unit fungsionalitasĀ  atau pelayanan yang diberikan oleh sebuah sistem / bagian sistem, Use Case dinotasikan dengan simbol elips atau oval. dalam diagram, Use Case digambar didalam simbol kotak yang merepresentasikan sistem. Use Case memiliki karakteristik:
+ Use Case merupakan interaksi atau ‘dialog’ antara sistem dan aktor, termasuk pertukaran pesan dan aksi yang dilakukan oleh sistem.
+ Sebuah use case diinisiasikan oleh aktor dan bisa melibatkan lebih dari satu aktor.
+ Use Case memiliki instance atau objek yang disebut dengan ‘skenario’ yang merepresentasikan interaksi yang spesifik.

Elemen lain dari sebuah Use Case diagram adalah ‘Relasi’, penjelasan mengenai elemen Relasi ini akan diberikan pada postingan selanjutnya….. Terima Kasih mudah-mudahan bermanfaat…:)arief.pr

One thought on “Use Case

  1. makasih ya dah berkunjung ke blog ku…dan aku beruntung banget bisa nemuin blog anda, coz aku juga butuh referensi buat pemrograman e…salam kenal ya..oy, sekarang kerja pa kuliah?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s