mengenal PHP

Dah yu.. kita mulai belajarnya… sebelum kita berteman dengan script PHP ada baeknya kita punyai sedikit pengetahuan mengenai HTML, karena HTML sohibnya PHP lo…
Apa sih PHP itu…??
Kita mulai dari kepanjangannya… PHP-PHP Hypertext Prepocessor. Php merupakan salah satu script server side, artinya script php hanya bisa dieksekusi di suatu server. Jadi kalo kita ingin mengeksekusi sebuah script php, dalam komputer kita setidaknya telah terinstall aplikasi server lokal seperti apache dan IIS. Supaya mudah lebih baik kita pake XAMPP aja, dalemnya dah ada server apache dan mysql-nya, lengkap.
Selain mySql PHP juga mendukung beberapa database lain lo, seperti Oracle, Sybase, PostgreSqL, de’el’el.

** Link yang pantes dilirik:

Download XAMPP:
http://apachefriends.org
Download PHP versi ter-anyar:
http://www.php.net/downloads.php
Download MySQL Database:
http://www.mysql.com/downloads/index.html
Download Apache Server:
http://httpd.apache.org/download.cgi

Untuk lebih mudahnya anda cukup download aplikasi XAMPP nya ajah, karna didalemnyah udah ada aplikasi Apache server dan mySQL-nyah yah.Ok!.

** Sintaks dasar PHP
Sebuah blok dari suatu script PHP selalu diawali dengan simbol ‘<?php’ dan diakhiri dengan ‘?>’, contoh penggunaan PHP:

<html>
<body>

<?php
echo “Jangan Hello World Melulu”;
?>

</body>
</html>

script diatas akan menampilkan text ‘Jangan Hello World Melulu’ pada browser anda. ingat ya dalam PHP, setiap script code diakhiri dengan semicolon(;). Penulisan script PHP tidak harus selalu didampingi tag HTML.

** Penulisan komentar dalam PHP
seperti bahasa pemograman pada umumnya, PHP juga mendukung pemberian komentar, dalam PHP kita gunakan tanda // untuk komentar baris tunggal dan tanda /* */ untuk komentar multi line. contoh komentar:

<?php

//ini komentar single line

/*komentar
dengan
baris leebih
dari satu
*/

?>

2 thoughts on “mengenal PHP

  1. bror…^^
    aq lg bljr penggunaan php nih..
    nah skrg lg ada problem waktu mau bwat text gt..khusuny waktu gunain php ini dg
    syntax “” atau “” bahkan “”
    kadang text yg aq inginkan tdk kluar sperti yg diinginkan…
    contoh yg sepele aja..
    //<?
    //print(“Model paling sederhana ini jg success”.
    //”akan kita gunakan seterusny, karena plg mudah \n”);
    //?>

    output dr script diatas, setelah aq coba ini-itu kadang karakter “\n” dan “?>” masih ikut t’tampil pada browser..

    sedangakan u/ contoh yg aq ambil yg dr web anda
    //
    //
    //
    //
    //
    outputny malah blank..

    bsa tlg bantu dg solusiny..
    thx anyway..^^

  2. mungkin anda belum menjalankan server apache-nya dengan benar, atau bisa juga belum terinstall sebagaimana mestinya. coba anda jalankan browser anda lalu ketikan ‘localhost’, munculkah homepage xampp? bila tidak berarti apache belum terinstall dengan benar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s