Sosialisasi MDG’s

Beberapa bulan yang lalu, televisi swasta menayangkan iklan layanan masyarakat (ILM) tentang MDG’s. Entah berapa banyak jumlah pemirsa yang sempat memperhatikan siaran MDGs tersebut. Sebuah lembaga survei pernah mengadakan survei untuk mengetahui jumlah penduduk yang mengetahui tentang MDGs, ternyata hanya sedikit sekali masyarakat yang mengetahui tentang MDGs. Jangankan masyarakat umum, masyarakat terdidik dan para pejabat pemerintahpun hanya sedikit sekali yang mengetahui tentang MDGs. Sehingga sosialisasi MDGs dengan berbagai media seperti televisi, surat kabar dan buletin menjadi sangat penting untuk mempercepat sosialisasi MDGs.
Millenium Development Goals (MDG,s) atau Tujuan Pembangunan Milenium adalah salah satu Deklarasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang telah disetujui oleh 189 negara anggota termasuk oleh negara Indonesia telah sepakat untuk mencapai MDG,s tersebut. Target MDG,s yang ingin dicapai pada tahun 2015 adalah sebagai berikut :

::: Tujuan/Goal 1 : Menanggulangi Kemiskinan Dan Kelaparan
**Target 1 : Menurunkan proporsi/jumlah penduduk yang tingkat pendapatannya dibawah 1 dolar (< $ 1) per hari menjadi setengahnya antara tahun 1990 – 2015.
**Target 2 : Menurunkan proporsi penduduk yang menderita kelaparan menjadi setengahnya antara tahun 1990 – 2015.

::: Tujuan 2 : Mencapai Pendidikan Dasar Untuk Semua
**Target 3 : Memastikan pada tahun 2015 semua anak dimanapun, laki-laki dan perempuan dapat menyelesaikan pendidikan dsasar.

::: Tujuan 3 : Mendorong Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan
**Target 4 : Menghilangkan ketimpangan gender ditingkat pendidikan dasar dan lanjutan pada tahun 2005 dan disemua jenjang pendidikan tidak lebih dari tahun 2015.

::: Tujuan 4 : Menurunkan Angka Kematian Anak
**Target 5 : Menurunkan angka kematian balita sebesar dua pertiganya antara tahun 1990- 2015

::: Tujuan 5 : Meningkatkan Kesehatan Ibu
**Target 6 : Menurunkan angka kematian ibu sebesar tiga perempatnya antara tahun 1990 – 2015.

::: Tujuan 6 : Memerangi HIV/AIDS, Malaria, Dan Penyakit Menular Lainnya
**Target 7 : Mengendalikan penyebaran HIV/AIDS dan mulai menurunnya jumlah kasus baru pada 2015.
**Target 8 : Mengendalikan penyakit malaria dan mulai menurunnya jumlah kasus malaria dan penyakit lainnya pada tahun 2015.

::: Tujuan 7 : Memastikan Kelestarian Lingkungan Hidup
**Target 9 : Memadukan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan dengan kebijakan dan program nasional serta mengembalikan sumberdaya lingkungan yang hilang.
**Target 10 : Penurunan sebesar separuh, proporsi penduduk tanpa akses terhadap sumber air minum yang aman dan berkelanjutan serta fasilitas sanitasi dasar pada 2015.
**Target 11 : Mencapai perbaikan yang berarti dalam kehidupan penduduk miskin di pemukiman kumuh pada tahun 2020.

::: Tujuan 8 : Mengembangkan Kemitraan Global untuk Pembangunan
**Target 12 : Mengembangkan lebih jauh lagi perdagangan terbuka dan sistem keuangan yang melibatkan komitmen terhadap pengaturan manajemen yang jujur dan bersih, pembangunan dan pengurangan tingkat kemiskinan secara nasional dan internasional.
**Target 13 : Membantu kebutuhan-kebutuhan khusus negara maju, termasuk pembebasan tarif dan kuota eksport, mengembangkan program pembebasan dan penghapusan utang untuk negara paling miskin, dan bantuan pembangunan untuk mengurangi kemiskinan
**Target 14 : Membantu kebutuhan-kebutuhan khusus negara tertinggal, dan kebutuhan khusus dari negara-negara terpencil dan kepulauan-kepulauan kecil.
**Target 15 : Secara komprehensif mengusahakan persetujuan mengenai masalah utang negara-negara berkembang.
**Target 16 : Dalam kerjasama dengan negara maju, mengembangkan dan melaksanakan strategi produktif yang baik, dijalankan untuk kaum muda.
**Target 17 : Dalam kerjasama dengan perusahaan farmasi, menyediakan akses pengobatan dasar yang terjangkau di negara-negara berkembang.
**Target 18 : Dalam kerjasama dengan pihak swasta, membangun adanya penyerapan keuntungan dari teknologi-teknologi baru, terutama teknologi informasi dan komunikasi.

Pada kesempatan ini, masyarakat sipil mempunyai kesempatan untuk memberikan masukan atau informasi bagaimana pencapaian MDG,s yang terjadi di masyarakat di setiap wilayah. Apakah negara Indonesia telah berhasil mencapai tujuan Milenium pada tahun 2007 ini? Apakah telah terjadi penurunan angka kemiskinan, angka kelaparan, angka kematian balita, angka kematian ibu, peningkatan akses air bersih dan seterusnya. Kini saatnya perempuan bicara untuk mengkritisi kondisi aktual Indonesia, untuk mencapai peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya membaiknya kondisi perempuan dilapisan masyarakat bawah.

sumber: (Endang Sulfiana : www.ppsw.or.id)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s