Pisang… oh…Pisang…

[Pisang,buah,buah pisang,buah sehat,khasiat,mujarab,penghilang stress,menghilangkan stress,meningkatkan daya ingat,anemia,usus,perut,ibu hamil,diabetes,luka bakar,kecantikan,bobot badan,menurunkan berat badan,diet,lambung]

Anda salah satu penggemar pisang..? suka makan pisang..? suka warnanya…? atau hanya suka bentuknya..? Tahukah anda..? ternyata di dalam bentuknya yang lonjong seperti…seperti…pisang… dan warnanya yang pada umumnya berwarna kuning… tersimpan beberapa khasiat dan manfaat mujarab, diantaranya:

  • Pisang sebagai antistress dan meningkatkan daya ingat

Dalam pisang terdapat mineral bernama Kalium yang cukup banyak, Kalium ini dapat memacu kemampuan daya ingat, menormalkan detak jantung, memberlancar pengiriman oksigen ke otak dan membantu keseimbangan cairan tubuh.

Selain Kalium dalam pisang juga terdapat amino triptofan (yang berubah menjadi seretonin dalam tubuh manusia) zat ini dapat merubah suasana hati/mood, membuat seseorang menjadi rileks dan merasa lebih bahagia.

  • Pisang jenis tertentu menjadi bahan makanan tambahan bagi penderita diabetes

Masyarakat Sulawesi tengah (Gorontalo), terdapat jenis pisang goroho yang merupakan pisang khas daerah setempat, pisang tersebut dijadikan makanan tambahan/makanan pokok bagi penderita diabetes melitus, terutama pisang goroho yang belum matang yang dikukus dan dicampur kelapa parut muda.

  • Mencegah dan mengobati Anemia

Pisang memiliki kandungan zat besi (FE) yang banyak sehingga bermanfaat untuk mencegah dan mengobati penyakit anemia.

  • Mempercantik kulit wajah

Bubur pisang dicampur dengan sedikit susu dan madu, dioleskan pada wajah setiap hari secara teratur selama 30 – 40 menit, Basuh dengan air hangat kemudian bilas dengan air dingin atau es, diulang selama 15 hari.

  • Menambah nafsu makan dan meningkatkan daya tahan tubuh

Penderita penyakit liver dianjurkan mengkonsumsi pisang dua buah ditambah satu sendok madu, akan menambah nafsu makan dan menambah daya tahan tubuh.

  • Membantu menyembuhkan penyakit usus dan perut

Pisang yang dicampur susu cair (atau dimasukan dalam segelas susu cair), dapat dihidangkan sebagai obat dalam kasus penyakit usus juga dapat direkomendasikan untuk penderita sakit perut dan cholik untuk menetralkan keasaman lambung.

  • Mengobati luka bakar

Daun pisang dapat digunakan untuk pengobatan kulit yang terbakar. Caranya: olesi luka dengan campuran abu daun pisang ditambah minyak kelapa. campuran ini mempunyai pengaruh mendinginkan kulit.

  • Mengatur bobot badan

Pisang juga mempunyai peranan dalam penurunan berat badan seperti juga untuk menaikan berat badan. Telah terbukti seseorang kehilangan berat badan dengan berdiet empat buah pisang dan empat gelas susu non-fat ata susu cair perhari sedikitnya 3 hari dalam seminggu jumlah kalori hanya 1250 dan menu tersebut cukup menyehatkan. selain itu, diet tersebut membuat kulit wajah tidak berminyak dan bersih. pada sisi yang lain, mengkonsumsi satu gelas banana milkshake dicampur madu, buah-buahan, kacang dan mangga sesudah makan, akan menaikan berat badan.

Kalo dipikir-pikir dengan khasiat dari buah pisang yang seabrek banyaknya, seekor monyet pastilah senantiasa sehat, langsing, tidak kurus,tidak gemuk, dan memiliki kulit wajah yang halus dan cantik, benul…?;-)

sumber:jelita, 165.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s